Jumat, 29 April 2011

dia adalah..

apa yang gua dapet dan gua lakuin sampe sekarang ini ga lepas dari peranan berbagai macam pihak. PPRPG SS adalah salah satu pihak tersebut. SS lah yang membuat banyak perubahan dalam hidup gua. Tapi didalamnya juga banyak elemen elemen yang memberikan pengaruh yang berbeda buat gua.

kita ambil contoh : BK SS 29'. Gerombolan berandal keparat yang isi otaknya ga karu karuan, yang kalo ngomong suka sok tau melantur kesana kemari, yang bercandanya suka rada jahiliyah, yang ngasih WARNA buat hidup gua yang sebelumnya kaya TV tahun60 kebawah, hitam putih-non LCD. Atau Hamidiyawan Nur Ali, Orang yang selalu pengen gua lampaui punggungnya. Lembah Fajar SS 30', ade ade yang gua sayang. Elang Lazuardi SS 31', sekumpulan bocah yang selalu merasa dirinya sanggup, yang mengingatkan kembali arti ambisi buat gua. dan Hari Sakti Wibowo, yang ngajarin gua..teramat banyak hal..

"Mampus lu. Ada a ancok (nama lapangan Hari Sakti Wibowo), hati-hati aja lu nanti pas jalan kalo ga mau diomelin",kata seorang senior pada gua yang saat itu masih seorang calon anggota ss. Wah, emang ni orang segalak apa sih? pikir gua."ancok itu robot","ancok kalo jalan mah ga ada capenya","tanya ancok deh, pasti tau". Orangnya kalem, tampak bersahaja, badannya kecil, mukanya selalu tampak serius bahkan saat bercanda.


Setelah lulus diksar, sekumpulan bocah ingusan yang sok tau (baca=angkatan BK)mengalami sedikit masa kekosongan. Dimana kondisi angkatan diatas gua SK SS 28' sedikit sibuk, jadi ga ada waktu nemenin gua berkegiatan. Disana seorang senior yang terkenal saklek terhadap aturan ngajakin kami berkegiatan. Apa reaksi kami??hajar bleh..daripada ngabisin waktu diatas sofa didepan tv.

GAJAH PUTIH. nama sebuah daerah di tajurhalang kabupaten bogor. Turun dari angkot di dekat sebuah SD (gua lupa namanya), tanpa ba-bi-bu orang ini langsung berjalan. langkah cepat, secara ga langsung menginstruksikan anak-anak gua buat ngejar punggungnya. diatas sana ada sebuah saung (bale). duduk santai disana. Disana ancok nawarin angkatan gua serangkaian kegiatan, program untuk dapetin nomer anggota di ss. dengan cara baru yang berbeda. jujur gua ga terlalu ngerti apa yang dia omongin, yang gua tangkep cuma : bakalan sering jalan-jalan nih. hobaaa. anak anak gua cukup pintar buat menerima kesempatan ini. percakapan yang simpel. kami semua turun lagi, turun dengan dia berjalan di depan. lagi lagi dengan langkah cepat. Selalu gitu..berjalan dengan langkah cepat dan mebiarkan kami menatap punggungnya.

sejak itu banyak kegiatan yang gua lakukan bareng ancok. Kegiatan kegiatan yang mengisi dan mengkoreksi tumpukan arsip di otak gua, yang merangsang kelenjar keringat gua, yang memacu pompa jantung gua bekerja lebih cepat, yang terpenting meredefinisi makna belajar dalam diri gua. Dari dia gua sadar, nyaritau apa yang pengen kita tau itu menyenangkan. seperti menenggak air dingin di ujung tanjakan.

dia udah kerja. tapi di akhir minggu selalu ada waktu buat nemenin anak-anak berkegiatan. Kumpul Gunung. Acara dimana anggota perhimpunan berkumpul untuk silaturahmi. Waktu itu Panitia utamanya LF SS 30'. beberapa hari sebelum acara ancok nyuruh gua buat bikin bordiran nomer anggota, dan ngewajibin anak-anak(BK) pake kemeja lapangan pas acara. satu lagi, dia nyuruh gua beli prusik 2mm kira kira 2meter. Gua tau bordiran nomer dan kemeja lapangan pasti bakal ada acara penyematan nomer anggota pas KG (kumpul gunung). tapi prusik? buat apa? bener aja pas KG satu persatu anak-anak gua dipanggil untuk penyematan nomer anggota. lalu setelah itu ancok ngeluarin sesuatu dari kantongnya. 4 buah kalung perusik (perusik yang gua beli, dan udah gua serahin sebelum acara). di tengah untaian tali itu ada mata kalungnya, logam carbide katanya. ancok bilang ini jenis logam yang akan makin solid jika terkena suhu yang tinggi. ya, semakin keras terpaan masalah yang menerjang hidup, disana kita dituntut buat jadi lebih kuat. Alangkah beruntungnya gua jadi salah satu orang yang dikasih kepercayaan buat dapetin kalung itu. Gua ga pernah suka pake kalung, andaikan itu cuma sebuah kalung. tapi sebuah pesan dibalik kalung itu, pesan moral yang harus gua pegang sampai kapanpun. pesan dari seorang yang pastinya udah berkorban banyak buat ngedidik sekumpulan berandalan sok tau ini, dia adalah sosok seorang ayah buat gua. itu bukan kalung, itu amanat. thanks a..

"selalu gitu..
berjalan dengan langkah cepat dan membiarkan kami menatap punggungnya"


sampai beberapa waktu yang lalu gua selalu ngabarin dia kalo gua berkegiatan. Waktu gua pertama kali artificial climbing di Citatah 125, waktu gua sekolah skygers di Songan, Kintamani, Waktu gua ikut PDPA GIRIGAHANA. Gua sms dia sekedar untuk minta doa restu, dan seengganya nunjukin ke dia bahwa gua tetap 'berkegiatan' sampe sekarang. gua tau gua ga sehebat Hamidiyawan yang udah menjelajah banyak tebing, atau Rina Mardiana yang anggota MAPALA UI, atau Tegar Patidjaya yang aktif di ORAD. Gua ga punya prestasi yang mungkin bakal bikin dia bangga udah ngedidik gua. Tapi a, sampai saat ini pun apa yang gua dapet dari lu masih menempel disini, di memori gua. Gua bakal belajar lebih banyak lagi baik itu ilmu kedokteran maupun pengetahuan kegiatan alam bebas, gua bakal kaya lu, luangin waktu buat ngebimbing ade ade gua, gua bakal jalan paling depan dan biarin mereka ngejar punggung gua. saat ini belum, tapi suatu saat gua yakin lu akan berkata dengan bangga,"itu doni, anak didik saya"

1 komentar:

  1. Hahahahaah tulisan nya keren2 semuaaa ngenaaa banget
    Semangattt a donii sukses teruss yaa

    BalasHapus